Senin, 11 Februari 2013

Akuntan Indonesia Hadapi Tantangan Laksanakan IFRS


YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Seiring berjalannya waktu, akuntan Indonesia menghadapi berbagai tantangan yang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tantangan terbesar akuntan Indonesia saat ini adalah kewajiban melaksanakan International Financial Reporting Standard (IFRS) yang sudah dimulai semenjak tahun 2010. Sementara di tahun 2013 para praktisi akuntan publik dituntut melakukan adopsi ISA secara penuh.
Menurut Ketua Program Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM Drs Sugiarto MAcc MBA Ak CMA, hal tersebut disebabkan terkait keharusan perusahaan publik melaksanakan transparansi pelaporan keuangan yang semakin meningkat dan good corporate governance yang semakin baik.


“Tantangan-tantangan besar tersebut menjadi isu menarik yang didiskusikan oleh organisasi akuntan Indonesia saat ini. Bagaimana akuntan Indonesia akan melakukan berbagai langkah strategik agar dapat menghadapi berbagai tantangan, sekaligus menjadikan akuntan Indonesia unggul baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” katanya, di Grha Sabha Pramana UGM, saat mewisuda 229 profesi akuntansi baru.
Mewakili sambutan orang tua, Bupati Sleman Drs Purnomo mengungkapkan, Pendidikan Profesi Akuntansi tidak saja untuk kehidupan pribadi, namun juga diperlukan bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara. Terwujudnya good governance di lingkungan pemerintah dan lembaga bisnis di era saat ini menjadi keharusan.
Profesi akuntan tentu berperan besar dalam mewujudkannya, sebab para akuntan menjadi pilar strategis dari sistem akuntabilitas dan transparansi. “Perannya bisa mewujudkan pemerintahan maupun organisasi bisnis yang bersih, berwibawa dan bertanggungjawab. Ini adalah salah satu tantangan sekaligus kesempatan yang harus dimanfaatkan para wisudawan,” ungkapnya.
( Bambang Unjianto / CN33 / JBSM )
Catatan admin :
Berita ini diambil dari : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/06/24/122184/Akuntan-Indonesia-Hadapi-Tantangan-Laksanakan-IFRS

menurut admin, isu tentang pelaksanaan IFRS memberikan dapak baik bagi perusahaan tbk.Dimana ketika ada investor asing yang ingin mengetahui laporan keuangan perusahaan yang akan ia pilih, akuntan tak harus repot mengubah laporan keuangan mengikuti ketentuan laporan keuangan di negara calon investor tersebut. Selain itu, masih banyak manfaat dari pelaksanaan IFRS ini, salah satunya menyamaratakan ketentuan pembukuan perusahaan di semua negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar